Tahu Brontak khas Padang


Semua yang pernah datang atau tinggal di Kota Padang pada periode 1990an akhir hingga sekarang pasti tau dengan yang namanya Tahu Brontak!!

Tahun 1999 sampai awal tahun 2000an tiba-tiba jenis cemilan yang satu ini merebak dan booming di kota Padang dan sampai sekarang tetap eksis dengan penggemar tidak pernah berkurang.

Istilah tahu brontak memang ada di beberapa daerah, namun tahu brontak khas Padang ini berbeda dengan daerah lainnya. Tahu brontak khas Padang bentuknya mirip seperti bakwan, berbentuk bulat tidak beraturan, ukuran kecil (sekali lup masuk mulut), ada tahu di dalamnya. Salah satu penjual tahu brontak yang cukup terkenal pada awal-awal masa boomingnya adalah "Palanta Popoko" di simpang by pass kampus Unand. Sekarang ini tahu brontak sudah berkembang dengan berbagai varian isi selain tahu, ada isi bakso, isi telur, isi sosis dll. Kekhasan lain dari tahu brontak khas Padang ini adalah sausnya! Saus sambal dengan rasa pedas-asin-manis ini menjadi teman setia, meskipun penjual tahu brontak juga menyediakan cabe rawit, namun tetap saus inilah yang paling cocok.

Tahu brontak khas padang ini memiliki tekstur yang lembut, sedikit kenyal namun matang, dengan rasa yang mantap. Kalau dibandingkan dengan gorengan biasa, tahu brontak termasuk jajanan mahal. Kalo gorengan biasa dijual dengan harga 500 per buah atau paling mahal 2000 tiga dengan ukuran yang besar, tahu brontak dibanderol dengan harga 1000 per buah dengan ukuran imutnya. Tapi tidak ada yang menyesal dengan harga tersebut.

Semua orang Padang yang merantau dan kangen dengan tahu brontak dan ingin membuatnya sendiri dirumah dan mencoba mencari resepnya di google saya yakinkan anda sampai dengan tulisan ini ditulis tidak ada satupun hasil pencarian google yang akan memuaskan anda. Banyak yang mencoba menebak-nebak resepnya, namun tidak pernah tahu persis apa resepnya.  Termasuk saya sendiri! 
Tahu Brontak khas Padang Tahu Brontak khas Padang Reviewed by kakilangit on 8:59 PM Rating: 5

2 comments